PENGGUNAAN MEDIA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG SISWA KELAS IV SDN TENGKET 1 AROSBAYA, BANGKALAN

  • DYAH LINGGAR AGUNG PRASTIWI
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan observasi, diketahui jika guru tidak menggunakan media pembelajaran, hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak fokus dalam menyimak dongeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan media wayang pada 29 siswa kelas empat yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 9 anak perempuan di SDN Tengket 1 Arosbaya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I nilai keterlaksanaan pembelajaran mencapai 90% dan siklus II mencapai 100%. Pada siklus I nilai ketercapaian pembelajaran yang diperoleh 66,88 dan pada siklus II memperoleh nilai 90,63. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,07% dan pada siklus II mencapai 89,66%. Hasil penelitian juga memenuhi setiap indikator keberhasilan yang lainnya.

Kata Kunci: media wayang, keterampilan menyimak, dongeng.

Abstract

Based on the observation, are known that the tacher does not use learning media,it is effected students can not focused to listening the fairytale. The purpose from this research is to improve story learning skill by using ”Shadow Puppet” media on 29 fourth grade students consisting of 20 boys and 9 girls in the Elementary School Tengket 1 Arosbaya. This research design used was Classroom Action Research (CAR). The research performed in two cycles, each cycle consist planning, acting and observing, and reflecting. Data collection techniques used are observation, test, and field note. The result showed that there is an improvement. In the cycles I, implementation of learning score was 90% and in cycles II was 100%. In the cycles I comprehensiveness score was 66,88 and in cycle II was 90,63. In the cycles I students’ learning results with the classical completeness reach 62,07% and in cyles II reach 89,66%. Result of the research is also fulfilled every indicators of accomplishment.

Keywords: shadow puppet media, listening skill, fairytale.

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 149