PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN RANGKAH 1 SURABAYA

  • EVI KHUDRIYAH LAILY
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V di SDN Rangkah 1 Surabaya. Sampelnya adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, hipotesis, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya . Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis thitung 6,709 > ttabel 1,991. Hasilnya menunjukkaan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: big book, berpikir kritis.

Abstract

This study aims to determine the influence of using big book towards critical thinking ability of grade V students SDN Rangkah 1 Surabaya. The type of research used quasi experimental design is the study of non-equivalent control group design. The population research is a student of class V at SDN Rangkah 1 Surabaya. This study sample is class VB as experiment class and class VC as control class. Data collection techniques using tests and observation. Technique of data analysis used are test validity, reliability, normality, homogeneity, hypothesis, and n-gain.. The result showed that there is a significant influence between the used of big book on thinking ability of students of class V SDN Rangkah 1 Surabaya. This is evidenced by the result of hypothesis tcount 6,709 bigger than 1,991on ttable. The result indicates a significant influence of the using of big book on critical thinking ability of students.

Keywords: big book, critical thinking.




Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 18