PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN BABATAN 1 SURABAYA

  • SITI NUR JANNAH
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Babatan I Surabaya. Penelitian ini menggunkan 6 metode pengumpulan data, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan T-Test dengan menggunakan analisis SPSS 22. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,000. Hasil sig. (2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti bahwa nilai ini lebih kecil dari 0,05 dimana dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan N-gain ternormalisasi kelas kontrol menunjukkan angka 0,29 yang berarti dalam kategori rendah dan n-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 yang berarti dalam kategori tinggi yang memliki arti bahwa terdapat pengaruh dengan adanya menggunakan media pop up book terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi.

Kata Kunci: media pop up book, keterampilan menulis paragraf deskripsi.

Abstract

This research aims to know the influence of media use a pop up book description writing skills against students of class IV SDN Swipe I Surabaya. This research data collection methods are either 6, namely, test validity, reliability test, test, test the normality of its homogeneity, test a hypothesis, test N-Gain ternormalisasi. The results showed that the calculation of T-Test using SPSS Analysis 22. The result of the calculation is the value of the Sig (2-tailed) of 0.000. The results of the sig (2-tailed) for 0.000 which means that this value smaller than 0.05 where it can be concluded that the Ha is received and Ho is rejected. The results of the calculation of the N-ternormalisasi gain control class shows numbers 0.29 meaning in the category of low-gain and n class experiment of 0.71 which means high in the category they have the sense that there is influence by the existing use Media pop up book against the skills of writing a paragraph description.

Keywords: media pop up book, writing skills a paragraph description.
Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 321