PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA CAI BERBASIS LECTORA INSPIRE DAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS 3 PADA MATERI NILAI – NILAI PANCASILA

  • RIZKY TRI ASTUTIK
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan media CAI berbasis Lectora Inspire dan Macromedia Flash terhadap pemahaman kognitif siswa pada materi nilai – nilai Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pre-Experimental Design dan rancangan penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas III SDN Babatan I/456 Surabaya, sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas 3A sebagai kelas eksperimen I dan kelas 3B sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes (pretest-posttest) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji t-test (Paired Samples Test dan Independent Samples Test), dan uji n-gain. Hasil dari uji t-test jenis Paired Samples Test menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media CAI pada masing – masing kelas eksperimen, sedangkan hasil dari uji t-test jenis Independent Samples Test menyatakan bahwa terdapat perbedaan pemahaman kognitif siswa pada kedua kelas eksperimen sebesar 0,024 < 0,025 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian hasil dari uji n-gain antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 0,489911015 > 0,133163265 sehingga peningkatan pemahaman kognitif siswa pada kelas yang diberi perlakuan menggunakan media CAI berbasis Lectora Inspire lebih tinggi dibandingkan kelas yang diberi perlakuan menggunakan media CAI berbasis Macromedia Flash. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media CAI berbasis Lectora Inspire lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dari pada pembelajaran menggunakan media CAI berbasis Macromedia Flash.

Kata Kunci : CAI, Lectora Inspire, Macromedia Flash, pemahaman kognitif.

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 19