PENGGUNAAN MEDIA JINANTRA AKSARA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SD

  • EKA FITRI RAHMAWATI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Abstrak

Bahasa Jawa merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal yang perlu dilestarikan dengan penggunaan media yang inovatif dan kreatif agar pembelajaran menjadi menyenangkan. Penggunaan media jinantra merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Jawa materi aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan media jinantra aksara Jawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa, meningkatkan hasil belajar membaca aksara Jawa, serta mengetahui kendala-kendala yang ditemui selama proses pembelajaran membaca aksara Jawa menggunakan media jinantra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian merupakan seluruh peserta didik kelas IV dan guru bahasa Jawa MI Ma’arif Kedung Boto. Data diperoleh melalui teknik observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebesar 73,7% pada keterlaksanaan pembelajaran di siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, ketercapaian pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 71,1 pada siklus I menjadi 95,4. Hasil belajar membaca aksara Jawa siswa juga mengalami peningkatan dari 76,3% menjadi 92,1%, dari hasil tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar membaca aksara Jawa yang diperoleh peserta didik seusai melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media jinantra aksara Jawa.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Media Jinantra, Aksara Jawa.

Abstract

Javanese language is one of the local content subjects that need to be conserved with the use of innovative and creative media for learning to be fun. The use of media jinantra is one way that can be done by teachers to improve student motivation in learning Java Javanese script material. This study aims to find out how to use Jinantra Javanese script in reading Javanese script, improve learning result of reading Javanese script, and to know the constraints encountered during reading process of Javanese script using Jinantra media. This research is a class action research with research subjects are all students of fourth grade and Javanese teacher MI Maarif Kedung Boto. Data are obtained through observation and test techniques. Based on the results of the study, the data obtained 73.7% on the implementation of learning in cycle I and increased to 100% in cycle II, achievement learning achievement also increased from 71.1 in the first cycle to 95.4. The result of learning to read Javanese script of students also increased from 76,3% to 92,1%, from the result of this researcher can conclude that there is an increase of learning result of reading Javanese script obtained by learners after implementing learning by using Jinantra media of Javanese script.

Keywords: Classroom Action Research, Jinantra Media, Javanese script.

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 118