PENGGUNAAN SORTIR KARTU SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV

  • ALIFIA NINDY WIDYA RISTANTI
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS siswa yang masih rendah. Bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa menggunakan strategi sortir kartu. Menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dimana guru dan siswa SDN Kebraon 1 Surabaya sebagai subjek penelitian yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta tes evaluasi. Hasil penelitian meningkat pada siklus I sampai siklus III. Aktivitas siswa dari siklus I sampai III mendapatkan persentase sebesar 65,63%, 75%, dan 86,72%. Aktivitas guru dari siklus I sampai III sebesar 67,19%, 76,56%, dan 89,84%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I sampai III sebesar 68,75%, 78,13%, dan 87,5%. Hasil tersebut membuktikan bahwa strategi sortir kartu dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Kata Kunci : Strategi sortir kartu, hasil belajar IPS.
Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 51