PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KONDISI GEOGRAFIS SISWA KELAS V SDN KRAMPYANGAN KOTA PASURUAN

  • KARTIKA FAJAR PRAMESTITI
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan kendala-kendala dalam penggunaan media papan magnetik.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus yang menggunakan teknik pengumpulan data lembarcara observasi aktivitas guru dan siswa dan penilaian hasil tes. Hasil penelitian dari tiga siklus tersebut mengalami peningkatan pada setiap siklu.s. aktivitas guru pada siklus I sampai siklus III memperoleh persentase pada siklus I 65%, siklus II 75%, siklus III 91,6%. Sedangkan pada aktivitas siswa dari siklus I hingga siklus III memperoleh hasil persentase pada siklus I 66,25%, siklus II 75%, siklus III 88,75%. Hasil belajar klasikal pada siklus I hingga III memperoleh persentase pada siklus I 63,6%, siklus II 72,7%, siklus III 90%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Papan Magnetik dapat meningkatkan hasil belajar IPS kondisi geografis siswa kelas V SDN Krampyangan Kota Pasuruan.

Kata Kunci : Media Papan Magnetik, hasil belajar, dan IPS.

Published
2018-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 58