EFEKTIVITAS MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA HASIL BELAJAR IPA SISWA DALAM MATERI PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS IV DI SDN GADING VIII/ 554 SURABAYA

  • FADILA TARWIYAH ITSNAINI
  • SURYANTI

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengaitkan mata pelajaran satu dengan mata pelajaran yang lainnya, guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, dan model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional (model langsung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya evektifitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi experimental. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gading VIII/554 Surabaya yang berjumlah 81 siswa, 41 siswa dari kelas IV A dan 40 siswa dari kelas IV B. Serta teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan Data yang didapatkan dari metode tes tersebut dianalisis dengan teknik t-test (uji-t). Hasil penelitian pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD berdasarkan pada hasil analisis data diperoleh bahwa nilai sig t < 0,05 sehingga keputusan uji Ho ditolak dan disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa didik yang diberi model pembelajran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional yakni ceramah.

Kata kunci: Model Pembelajaran, STAD, Hasil Belajar.

Abstract: The background of this research is that teachers have difficulty in linking subjects one with other subjects, the teacher does not use the appropriate learning method, and the learning model used by the teacher is still conventional (direct model). The purpose of this research is to know the existence of evaluation model of cooperative learning type STAD (Student Team Achievement Division) to student science learning outcomes. This research used experimental method with experimental quasi research type. Subjects in the study were the fourth graders of SDN Gading VIII / 554 Surabaya, which amounted to 81 students, 41 students from class IV A and 40 students from grade IV B. And the data analysis techniques using quantitative and Data obtained from the test method is analyzed by t -test (t-test). Results of research on student learning outcomes show that the average value of science learning outcomes of students who follow the learning by using STAD learning model based on the data analysis results obtained that the value of sig t <0.05 so that Ho test decision is rejected and concluded that there are differences in learning outcomes students who are given the model of cooperative learning learning type STAD with conventional learning ie lecture.

Keywords: Learning Model, STAD, Learning Outcome
Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 63