Penggunaan Media Puzzle Persebaran Flora Fauna Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya

  • NURUL AINI FAJRIN
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar menggunakan media puzzle. Menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Lakarsantri II Surabaya yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta penilaian tes. Hasil penelitian dari tiga siklus menunjukkan peningkatan. lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dari siklus I sampai III memperoleh persentase sebesar 72%, 77%, dan 81%. Hasil belajar secara klasikal pada siklus I sampai III 48%, 63%, 70%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Media Puzzle, hasil belajar dan IPS.
Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 127