PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA PELAJARAN IPA DALAM MATERI TATA SURYA KELAS VI SD

  • INDYRA FRANSISCA
  • MINTOHARI

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan media Videoscribe berbasis sparkol sebagai alternatif untuk media pembelajaran IPA materi Tata surya. Dalam mengembangkan media, peneliti menggunakan model R & D yang telah dimodifikasi menjadi 9 tahapan yaitu potensi dan masalah,pengumpulan data,desain produk,validasi desain, revisi desain, uji coba produk (skala kecil), revisi produk, uji coba pemakaian (skala besar) dan revisi produk. Hasilnya adalah media Videoscribe yang layak, dilihat dari persentase validasi materi sebesar 90,38%, persentase validasi media sebesar 88,33% serta hasil angket siswa pada skala kecil dan skala besar berturut-turut sebesar 93,16% dan 95,41%. Berdasarkan hasil post-test dan pre-test, terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. pada uji skala kecil terdapat peningkatan dari 60,0 menjadi 71,6 sedangkan dalam uji skala besar terdapat peningkatan dari 68,8 menjadi 80,8. Hasil dari uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal serta memiliki varian yang sama atau bersifat homogen. Dan hasil dari uji hipotesis dengan uji t-test menggunakan SPSS versi 25 diperoleh Sig (2 tailed) 0,019 < 0,05 menyimpulkan bahwa H0 ditolak menujukkan bahwa media mempengaruhi hasil belajar siswa dan dikatakan dalam kategori efektif.

Kata Kunci :

Pengembangan, Media Videoscribe, Tata Surya, IPA

Abstract

This development research was conducted to produce sparkol based videoscribe media as an alternative to learning media of Solar System solar matter. In developing the media, the researcher uses R & D model which has been modified into 9 stages: potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product trial (small scale), product revision, ) and product revisions. The result is decent Videoscribe media, seen from material validation percentage 90,38%, media validation percentage 88,33% and student questionnaire on small scale and large scale 93,16% and 95,41%, respectively. Based on post-test and pre-test results, there is an increase in average student learning outcomes. in the small-scale test there is an increase from 60.0 to 71.6 whereas in the large-scale test there is an increase from 68.8 to 80.8. The results of the normality and homogeneity test show that the data are normally distributed and have the same or homogeneous variants. And result of hypothesis test with t-test test using SPSS version 25 obtained Sig (2 tailed) 0,019 <0,05 concluded that H0 refused showed that media influence student learning result and say in effective category.

Keywords:

Development, Videoscribe, Solar System , IPA








Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 599
PDF Downloads: 913