PENGARUH MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN

Authors

  • VESTIKA DAMAYANTI
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh media ular tangga terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV pada materi hak dan kewajiban pada materi hak dan kewajiban. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengen lokasi penelitian di SDN Suruh Sidoarjo. Teknik pengumpulan data ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes pembelajaran yaitu tes tulis pre test dan post test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T.berdsarkan hasil penelitian menunjukakn bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga dan pembelajaran tanpa media ular tangga.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Ular tangga.

Abstract

The purpose of this study is to determine whether there is influence of snake ladder media on cognitive ability of fourth grade students on material rights and obligations This research is an experimental research with research location in SDN Suruh Sidoarjo. This data collection technique researcher use data collecting technique in the form of learning test that is pre test and post test. Technique of data analysis is done by using T test. The result of research indicate that there is significant difference between learning by using snake ladder media and learning without snake media ladder.

Keywords: Learning Media, Snake ladder

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-25

Issue

Section

Articles
Abstract views: 99 , PDF Downloads: 98