PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN WEDORO LAMONGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Wedoro Lamongan. Pengambilan data dengan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan lembar catatan lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Wedoro Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus pertama pada tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 kurikulum 2013, siswa yang tuntas dalam membaca permulaan yaitu 61% dan siklus kedua pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 1, siswa yang tuntas dalam membaca permulaan yaitu 81%, sehingga terjadi peningkatan 20%. Hal ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa tingkat sekolah dasar.
Kata kunci : Keterampilan Membaca, Tutor Sebaya, Sekolah Dasar
Abstract
This study aimed to improve the reading skill of the first grade students of Elementary School Wedoro Lamongan. Data collection with observation techniques, tests, and field notes. Instruments used were observation sheets, test sheets, and field note sheets. The subjects of this study are teachers and students of class I SDN Wedoro Lesson Year 2016/2017. The result of the research that has been done in the first cycle on the theme of 7 subtema 2 learning 1 curriculum 2013, the complete students in the beginning reading is 61% and the second cycle on the theme 7 subtema 3 learning 1, the complete student in reading the beginning is 81% a 20% increase. This suggests that peer tutor methods are worth applying to improve the initial reading skill of elementary school students.
Keywords: Reading Skill, Peers Teaching, Elementary SchoolDownloads

