PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian menggunakan quasy experiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dengan instrumen lembar soal pretest dan posttest. Teknik analisis data instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. sedangkan untuk teknik data hasil menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil tersebut dapat dibuktikan melalui uji hipotesis dengan nilai Sig (2-tailed) adalah 0,038 yang berarti 0,038 < 0,05 maka bisa disimpulkan bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil belajar kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Downloads

