PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MATERI BENTUK ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SDN SOKALELA KADUR PAMEKASAN

Authors

  • SUKMA HARJA MUKTI
  • JULIANTO

Abstract

Dalam pembelajaran IPA di materi Bentuk Energi dan Perubahannya siswa kelas IV SDN Sokalela Kadur Pamekasan mengalami kesulitan. Siswa mengalami kesulitan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa, dibuktikan dari uji tes kemampuan berpikir kritis siswa dimana persentase siswa yang tuntas mencapai 29% dengan kriteria rendah sebanyak 5 siswa dengan nilai 70 yang merupakan KKM pembelajaran IPA. Sedangkan 71% dengan kriteria tinggi sebanyak 12 siswa belum tuntas karena nilainya masih dibawah KKM. Penyebabnya adalah pada saat pembelajaran guru kurang melibatkan kemampuan berpikir siswa, sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa., guru hanya menerapkan metode ceramah dan penugasan untuk menyampaikan materi kepada siswa, Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Instrumen penilaian meliputi lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan soal tes keterampilan berpikir kritis, analisis data berupa analisis aktivitas guru dan siswa, analisis tes kemampuan berpikir kritis, dan peneliti melakukan perhitungan persentase perkembangan berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 80% pada Siklus II, aktivitas siswa pada Siklus I sebesar 68% meningkat menjadi 79% pada Siklus II, , keterampilan berpikir Kritis siswa pada Siklus I sebesar 53% meningkat menjadi 82%. Hasil pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan. Selain itu kendala-kendala yang muncul pada siklus I dapat diatasi dengan baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Sokalela Kadur Pamekasan.

Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran berpikir induktif, pembelajaran IPA.

Abstract

In science lesson in the material of Energy Shape and its change of grade 4 student of SDN Sokalela Kadur Pamekasan have difficulty. Students experience difficulties in the low critical thinking skills of students, evidenced from the test of students critical thinking skills where the percentage of students who complete 29% with low criteria as many as 5 students with a value of 70 which is the KKM learning science. While 71% with high criteria as many as 12 students have not finished because its value still under KKM. The reason is that when the teacher less learning involves students thinking ability, thus causing the low ability of critical thinking of the students, the teacher only apply the method of lecturing and assignment to convey the material to the students. This research uses descriptive qualitative method, the type of research used is Classroom Action Research consists of 2 cycles. Each cycle consists of 3 stages: planning, action implementation and observation and reflection. Research data obtained through observation and test. Assessment instruments include teacher activity sheet, student activity sheet and critical thinking skill test, data analysis in the form of teacher and student activity analysis, critical thinking skill test analysis, and researcher to calculate percentage of students thinking development. The results showed that teacher activity in Cycle I of 65% increased to 80% in Cycle II, student activity in Cycle I of 68% increased to 79% in Cycle II, Critical thinking thinking in Cycle I by 53% increased to 82 %. The results in cycle II have met the success indicators. In addition, the constraints that occur in cycle I can be overcome well in cycle II. Based on the results of the study can be concluded that the application of inductive thinking learning model can improve the critical thinking skills of fourth grade students SDN Sokalela Kadur Pamekasan.

Keyword : Critical thinking skills, inductive thinking learning models, science learning.


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 210