EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI CATALISTING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI DI KELAS IV SDN KEBRAON I/436 SURABAYA

Authors

  • REYGIVA PINKAN PRAMAISELLA
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi catalisting dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi di kelas IV sdn kebraon I/436 surabaya. Jenis penelitian menggunakan pre-experimental design dengan bentuk rancangan one group pretest-postest design. Adapun sampel yang akan diambil dari penelitian ini yaitu sebagian dari jumlah populasi. Sampel yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas IV A yang berjumlah 27 anak. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis, maka diperoleh nilai thitung 6 dengan nilai signifikan 0,05. Dari hal tersebut dapat dikatakan thitung (6) > ttabel (2.056), maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi catalisting efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks nonfiksi siswa.

Kata Kunci: strategi catalisting, keterampilan menulis teks nonfiksi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-08

Issue

Section

Articles
Abstract views: 26 , PDF Downloads: 62