PENERAPAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PERMASALAHAN SOSIAL LINGKUNGAN SETEMPAT SISWA KELAS IV SDN PLANDI I JOMBANG
Abstract
AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa permasalahan sosial lingkungan setempat pada pelajaran IPS. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, nilai keterampilan berpikir kritis menggunakan diorama. Penelitian tersebut menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SDN Plandi I Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas guru, aktivitas siswa, tes, serta catatan lapangan. Presentase aktivitas guru sebesar 58,34%, 80,56%, dan 90,28%. Presentase aktivitas siswa sebesar 59,73%, 88,89%, dan 94,45%. Hasil belajar secara klasikal sebesar 41,39%, 87,50%, 93,75%. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan media diorama meningkatkan keterampilan berpikir kritis permasalahan sosial lingkungan setempat.
Kata Kunci : Media diorama, keterampilan berpikir kritis dan IPS.
Downloads

