PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN IPS DALAM TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN SINGOGALIH SIDOARJO

Authors

  • LUTFI TRI RAHMANTO
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Model Pembelajaran merupakan bentuk kegiatan yang direncanakan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar yang menyenangkan dari awal hingga akhir pembelajaran. Model pembelajaran berguna agar siswa lebih semangat dan termotivasi dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tidaklah sembarangan, harus disesuaikan dengan materi dan tujuan yang dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam muatan materi IPS dalam tema indahnya keragaman di negeriku. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan di SDN Singogalih Sidoarjo dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh selama penelitian, model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: ptk, problem based learning, IPS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 439