PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS I SDN DI KECAMTAN PAMEKASAN

  • LUSYI DWI OKTAFIANTI
  • SRI HARIANI

Abstract

Menyimak adalah ketermpilan memahami bahasa lisan yang bersifat reseftif, bukan hanya sekadar mendengarkan bunyi-bunyi bahasa melainkan mencari tahu makna, menangkap dan memahami makna dari apa yang didengar. Melalui media panggung boneka tangan kegiatan belajar akan lebih menarik perhatian siswa. Media panggung boneka tangan dalah panggung yang terbuat dari kardus bekas atau triplek yang dikombinasikan dengan boneka tangan yang menyerupai bentuk manusia untuk menampilkan cerita yang akan disampaikan kepada penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media panggung boneka tangan terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas 1 SDN di kecamatan Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimentaldesign dengan rancangn Nonequivalent control grup designs, sampel penelitian adalah siswa kelas satu SDN di Kecaamatan Pamekasan yaitu SDN Kangenan 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN Teja Timur 4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar instrument test pretest dan posttest.Dengan uji t hasil posttest antara kelas kontrol maupun kelas eksprimen, didaptkan bahwa nilai thitung =2,398dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel = 2,007. Hasil perhitungan thitung =2,398 >ttabel = 2,007, maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media panggung boneka tangan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menyimak siswa kelas 1 SDN di Kecamatan Pamekasan.

Kata kunci: media panggung boneka tangan ,keterampilan menyimak cerita

Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 47