PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN SUMUR WELUT 1/438 SURABAYA

  • TRIO ARIS SETIAWAN
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan catatan lapangan. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus, masing-masing siklus terdapat satu pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 100%, dengan rata-rata nilai 75, sedangkan pada siklus II mencapai 100% dengan rata-rata nilai 86. Pada persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 65% menjadi 85% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumur Welut 1/438 Surabaya.

Kata Kunci : Model, Talking Stick dan Hasil Belajar.

Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 86