Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Prambon Sidoarjo

  • ENDAH DWI WAHYUNINGTIYAS
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media audio visual animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN di kecamatan Prambon Sidoarjo. Jenis penelitian menggunakan quasy experiment dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IVD SDN Kedungwonokerto sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVA SDN Wonoplintahan II sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis pretest sebesar 1,6<2,00488 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sementara itu, hasil posttest sebesar 3,71>2,00575 yang menunjukkan bahwa Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media audio visual animasi terhadap menulis narasi siswa kelas IV SDN di Kecamatan Prambon Sidoarjo.

Kata Kunci: media audio visual animasi, keterampilan menulis narasi






Published
2018-09-13
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 59