IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTRA MUHAMMADIYAH DI SD MUHAMMMADIYAH 1 MENGANTI GRESIK

  • ABDUL MUIS
  • SUPRAYITNO

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, perubahan karakter, serta faktor pendukung dan faktor penghambat tentang pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pencak silat Tapak Suci Putra Muhammadiyah di SD Muhammadiyah 1 Menganti. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan (a) pendidikan karakter yang diutamakan berdasarkan sifat-sifat Rasulullah SAW, (b) pelaksanaan pendidikan karakter diimplementasikan kegiatan ektrakurikuler, dan kegiatan khas SD Muhammadiyah 1, (c) faktor pendukung pendidikan karakter yaitu dukungan dari orang tua serta koordinasi yang baik antara sekolah dengan orang tua dengan sekolah serta sekolah dengan pelatih ekstrakurikuler, (d) faktor penghambat pendidikan karakter yaitu kebijakan pemerintah yang bertentangan dengan sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pencak Silat, Tapak Suci Putra Muhammadiyah

Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 190
PDF Downloads: 1018