PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 3 SDN 2 SLEMPIT KEDAMEAN GRESIK

  • BRILI HERWANDANNU
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan lokasi penelitian di SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Word Square. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas 3. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan pada hasil belajar siklus I adalah 69 %, pada siklus II 90%. Data aktivitas guru pada siklus I 76,25%, pada siklus II 90%. Dan aktivitas siswa pada siklus I adalah 75%, pada siklus II 91,25%. Dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : IPS, Word Square, hasil belajar

Abstract

The types of this research is classroom action research, there are 2 cycles in this research with research locaton at SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. This research aim to describe this increase in teacher activity, student activity, and improvement of student learning result in social studies by appliying Word Square learning model and subject of research is teacher and student third grader. The result obtained from the learning results in the first cycle is 69% has increased in two cycle get 90%. Teacher activity data in cycle I is 76,25% has increased in cycle 2 get 90%. And students activity in cycle I is 75% has increased in cycle II get 91,25%. From the data obtained can be concluded that the word square learning model can improve students learning outcomes.

Keyword : Social Science, Word Square, learning result

Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 1551