EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI KELAS III SDI ASH-SHIDDIIQII SURABAYA

  • CITRA LUCKYTANINGRUM
  • MARYAM ISNAINI DAMAYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis eksposisi di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre eksperimenal designs dengan menggunakan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design, dengan sampel siswa kelas IIIA SDI Ash-Shiddiiqii Surabaya dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes yang berupa pretest dan posttest dan teknik kuesioner. Untuk Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen telah layak untuk digunakan dalam penelitian. Uji validitas instrumen menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen reliabel. Uji normalitas dengan kolmogorov-sminov Test diperoleh nilai pre-test sebesar 0,114 dan nilai post-test sebesar 0,230 lebih besar dari 0,05. Telah sesuai dengan kriteria pengujiannya serta dapat dikatakan bahwa Ha dapat diterima dengan nilai thitung (21,617) lebih besar dari nilai ttabel (2,045). Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis eksposisi di kelas III SDI Ash-Shiddiiqii Surabaya

Kata Kunci : Model Quantum Teaching dan Menulis Ekposisi.

Abstract

This research is grounded by a lack of exposition writing skills among students. This study uses a type of quantitative research with pre experimental designs using the form of One group Pretest-Posttest Design, with a sample of 30 students in grade IIIA SDI Ash-Shiddiiqii Surabaya. Data collection techniques using observation techniques, test techniques in the form of pretest and posttest and questionnaire techniques. For data analysis techniques used are validity test, reliability test, normality test and hypothesis test. The results of the study indicate that the instrument is suitable for use in research. The instrument validity test shows that the instrument used is valid and the reliability test results indicate that the instrument is reliable. The normality test with Kolmogorov-Sminov Test obtained the pre-test value of 0.114 and the post-test value of 0.230 was greater than 0.05. It has been in accordance with the test criteria and it can be said that Ha can be accepted with a tcount (21.617) greater than the value of ttable (2.045). Based on the results obtained it can be concluded that the use of Quantum Teaching learning models is effective in learning exposition writing skills in class III SDI Ash-Shiddiiqii Surabaya.

Keywords: Model Quantum Teaching and Write Exposition.


Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 35