PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN LIDAH WETAN II/462 SURABAYA

  • FELSIMA EMILIATI PATOLA
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak

Siswa kelas V SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya masih menganggap pelajaran matematika sebagai salah satu matapelajaran yang susah. Terutama padaa materi bangun ruang kubus dan balok, hal ini dilihat dari hasil pretest yaitu tes kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan berbeda jauh dengan hasil posttest setelah diberi perlakuan. Tujuan dari penelitiann ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengunaan model pembelajaran IMPROVE dalam peningkatan hasil belajar pada proses pembelajaran. Metodee penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment. Berdasarkan perhitungan hasil analisa data uji t bahwa model pembelajaran IMPROVE menunjukan adanyaa pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan = 2,625 -1,687. Maka dari itu, ditolak karena tidak terbukti dari dan diterima karena terdapat perbedaann kemampuan awal yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Kata kunci: Pengaruh, Model IMPROVE, Hasil Helajar

Abstract

The fifthh grade students of SDN Lidah Wetan II / 462 Surabaya still consider mathematics ass one of the difficult subjects. Especially in the cube and beam building material, this is seen from thee results of the pretest, namely the students initial ability test before being treated differently from the posttest results after being treated. The purpose off this study is to find out how the use of IMPROVE learning models in improving learning outcomes in the learning process. The research mmethod used in this study is a quantitative research method with a type of quasi experiment. Based on the calculation of the resultss of the t test data analysis that the IMPROVE learning model shows a significantt influence on learning outcomes with tcount ( 2.625 >-1.681) ttable. Therefore, it was rejected because it was not proven from and accepted because there were significant initial differences in aability between the experimental group and the control group.

Keywords: Influence, IMPROVE Model, Learning Result.


Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 55