PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BULETIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN KELAS V

  • IQBALAH GLADYS PAHLAWANI
  • SIRADJUDDIN S

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SDN Sambungrejo Sidoarjo. Berdasarkan hasil pengamatan, guru masih kurang memberikan inovasi dalam pembelajaran, guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran, siswa banyak belajar dengan membaca dari buku paket saja, dan materi diberikan oleh guru hanya melalui komunikasi satu arah. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sambungrejo Sidoarjo, dengan jumlah keseluruhan 24 siswa, dan berlokasi di Desa Patar Kidul, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data aktivitas guru, data aktivitas siswa, dan data hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan guru mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 72%, siklus II meningkat 84%, dan pada siklus III meningkat mencapai 90,7%. Keaktifan siswa mengalami peningkatan dengan presentase siklus I mencapai 71%, pada siklus II meningkat 85%, dan pada siklus III meningkat mencapai 94%. Sedangkan data hasil belajar kognitif klasikal selama proses pembelajaran dari temuan awal hanya 58% mengalami peningkatan pada siklus I 75%, dan siklus II meningkat 91%, pada siklus III meningkat mencapai 95,8%.
Kata Kunci : Media Papan Buletin, hasil belajar dan IPS.

The background of this study was the low of students’ learning outcome specifically for social studies subject of the V grade students of SDN Sambungrejo Sidoarjo. Based on the observation, teacher lacked in creating innovation and rarely used learning media for the teaching and learning process, and the students learned a lot only from reading books, and the subject was given by teachers only with one way communication.The subject of the study was V grade students of SDN Sambungrejo Sidoarjo, consisting of 24 students, and located in South Patar Village, Sukodono, Sidoarjo. The data collection techniques used were observation and test. The data collected in this study were the data of teacher’s activity, the data of students’ activity, and the data of students’ cognitive learning outcome.The result of this study showed that teacher’s participation increased with the percentage of cycle I 72%, cycle II 84%, and cycle III 90,7%. Students’ participation increased with the percentage of cycle I 71%, cycle II 85%, and cycle III 94%, while classical cognitive learning outcome during the learning process which the percentage of the pre-cycle only 58% increased in the cycle I 75%, cycle II 91%, and cycle III 95,8%.
Keywords : Bulletin Board Media, learning outcome,and social studies

Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 70