PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE (POTONGAN GAMBAR RUMAH ADAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN SUMUR WELUT 1 SURABAYA

  • MOKHAMAD RIZKY FIRMANSYAH
  • MAS SUBAGIO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media puzzle. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus. Pada siklus I rata-rata ketercapaian sebesar 75, sedangkan pada siklus II rata-rata ketercapaian sebesar 91,44. Aktivitas siswa mengalami peningkatan selama dua siklus. Pada siklus I rata-rata ketercapaian sebesar 73,86, sedangkan pada siklus II rata-rata ketercapaian sebesar 92,95. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, pada siklus I, ketuntasan klasikal siswa 61,53% dengan rata-rata 75,19, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 84,61% dengan rata-rata 82,88. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sumur Welut 1 Surabaya.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Puzzle dan PTK.








Published
2018-10-04
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 24