PENGGUNAAN MEDIA SLIDE SHOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MATERI GLOBALISASI KELAS IV SDN WULUH 1 KESAMBEN JOMBANG

  • YUHYIL HUSNIAH
  • SUPRAYITNO

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas IV SDN Wuluh 1 Kesamben Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media slide showdapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat peningkatan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dari siklus I presentase 78,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,25%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,50%, peningkatan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dari siklus I presentase 76,56% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,41%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,85%, dan peningkatan hasil belajar siswa siklus I presentase 72,22% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi globalisasi dapat diajarkan dengan menggunakan media slide show karena dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Hasil Belajar, globalisasi, Media slide show.




Published
2018-10-16
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 30