PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STOP MOTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI DETIK-DETIK PROKLAMASI SISWA KELAS V SDN GADINGMANGU 1 JOMBANG

  • DEVI FARIDA RAHMA PUTRI
  • ULHAQ ZUHDI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari media stop motion terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan materi Detik-Detik Proklamasi pada siswa kelas V SDN Gadingmangu 1 Jombang. jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment dalam bentuk Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gadingmangu 1 Jombang. sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang diperoleh yakni thitung (2,477) > ttabel (2,024). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkn bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media stop motion terhadap hasil belajar IPS materi Detik-Detik Proklamasi siswa kelas V SDN Gadingmangu 1 Jombang.

Kata Kunci: media stop motion, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of stop motion media on student learning outcomes in social studies subjects with the material of Seconds Toward Proclamation in fifth grade students of Gadingmangu 1 Elementary School in Jombang. This type of research is quantitative research with the design of Quasi Experiment research in the form of Non-equivalent control group design. The population in this study were all students in grade V SDN Gadingmangu 1 Jombang. The sample was taken by simple random sampling technique. VA class determined as a control class and VB class as an experimental class. The instrument used was in the form of multiple choice tests. Data analysis using t-test. The results obtained were t count (2,477)> t table (2,024). These results indicate that Ha is accepted. From the results of the study it can be concluded that there was a significant effect of the use of stop motion media on the learning outcomes of social studies material of the Seconds Toward Proclamation of the fifth grade students of SDN Gadingmangu 1 Jombang.

Keywords: stop motion media, learning outcomes
Published
2018-11-06
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 278