PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI IPS KELAS IV DI SDN TULANGAN I
Abstract
Abstrak
Media Pembelajaran merupakan suatu alat bantu pada proses pembelajaran berguna sebagai perantara guru memberikan suatu informasi kepada peserta didik dan dapat merangsang pikiran, dan perhatian sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, sehingga peran media pembelajaran bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Media Pembelajaran bertujuan untuk merangsang rasa ingin tahupeserta didik, melatih konsentrasipeserta didik, dan juga mengenalkan serta melestarikan kebudayaan indonesia. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media wayang karakter. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Penelitian dilakukan di SDN Tulangan I dengan menjadikan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh, media wayang karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: wayang karakter, hasil belajar, ptk
Abstract
Learning Media is a tool in the learning process is useful as an intermediary teacher to provide information to students and can stimulate the mind, and attention so that what is conveyed can be well received by students, so the role of learning media can improve student learning outcomes. Learning media aims to stimulate students curiosity, train students concentration, and also introduce and preserve Indonesian culture. The purpose of this study is to improve learning outcomes by using puppet character media. This study includes classroom action research that uses two cycles. The study was conducted at Tulangan I Elementary School by making the fourth grade students totaling 25 students as the subject of the study. Based on the data obtained, puppet character media can improve student learning outcomes.Keywords: puppet characters, learning outcomes, classroom action researchDownloads

