Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN Janti II Tulangan Sidoarjo

Authors

  • NISFUL LAILA
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran menulis pantun di SDN Janti II Tulangan Sidoarjo, guru tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi. Siswa menjadi kurang memiliki kretivitas dan motivasi untuk belajar menulis pantun. Salah satu inovasi dalam pembelajaran yang bisa dilakukan yaitu pengembangan media berbasis adobe flash. Penggunaan media pembelajaran berbasis adobe flash bisa dijadikan solusi agar siswa lebih tertarik belajar dan berlatih menulis pantun. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash yaitu media flash flipbook. Selain itu untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang berkualitas dan efektif untuk pembelajaran menulis pantun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan rancangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan. Sibjek uji coba yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik validasi, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah data hasil validasi, data hasil observasi, data angket tanggapan siswa, dan data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media flash flipbook dikatakan berkualitas karena telah memenuhi kriteria valid berdasarkan tahapan validasi. Serta dikatakan efektif dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat setelah diberikan treatment dan hasil angket tanggapan siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan validasi, angket, observasi, dan tes. Hasil validasi media flash flipbook yaitu 94% dengan kategori sangat valid. Kemudian efektivitas t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 19.77>2,093 pada uji coba lapangan produk final di kelas V-A SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. Tanggapan yang diberikan siswa adalah sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 88,5%.

Kata kunci: pengembangan, media flash flipbook, keterampilan menulis pantun

Abstract

In the learning process of write rhyme at SDN Janti II Tulangan Sidoarjo, the teacher do not use the learning media in delivering the material. The students have less creativity and motivation to learn to write rhymes. One of the innovation in learning that can be done is the development of learning media based adobe flash. The use of learning media based adobe flash can be used as a solution so students are more interested in learning and practicing writing rhyme. This research aims to describe the process of developing learning media based adobe flash, namely flash flipbook media. As well as producing products in the form of quality learning media and effective learning to write rhyme. The type of research is the research and development of Borg anda Gall design consisting of 10 stages. The test subjects used fifth grade students of SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. Data collection techniques used are validation, observation, questionnaire, and test techniques. The data analysis techniques used is the results of validation data, observation data, students response questionnaire data, and test data. The results showed that media flash flipbook has been said that it has quality because it fulfilled the valid criteria based on the validation stages. In addition can said to be effetive seen from student learning outcomes that increased after being given treatment and the results of student response questionnaire. Data collecting instrument used validation, observation, questionnaire, and test. The results of media flash flipbook validation is 94% with very valid categoies. Then the effectiveness of t-count is greater than t-table which is 19.77>2,093 in the final product field trial in class V-A SDN Janti II Tulangan Sidoarjo. The response given by students was very good with average percentage of 88,5%.

Keywords: development, flash flipbook media, rhyme writing skills


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 117 , PDF Downloads: 120