Efektivitas Penggunaan Lagu Anak dalam Pembelajaran Menulis Karangan Sederhana Berbahasa Jawa Kelas III SDN Lidah Wetan 4 Surabaya
Abstract
Abstrak
Perlunya bahasa Jawa untuk dilestarikan sehingga pemerintah mengeluarkan Pergub Jatim No.19 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Jawa dijadikan muatan lokal wajib di sekolah. Pembelajaran bahasa Jawa sama halnya seperti pembelajaran bahasa lainnya yang mengacu pada 4 keterampilan berbahasa. Salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diperhatikan adalah keterampilan menulis. Khususnya pada pembelajaran menulis karangan, dianggap sulit dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan lagu anak dalam pembelajaran menulis karangan sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data lembar observasi proses pembelajaran, tes, dan angket motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada tes pertama sebesar 74,2 dan pada tes kedua sebesar 81,9 dengan ketuntasan waktu pengerjaan sangat baik. Hasil angket menunjukkan persentase sebesar 89% siswa yang termotivasi selama mengikuti pembelajaran.. Dapat disimpulkan bahwa lagu anak efektif digunakan pada pembelajaran menulis karangan sederhana berbahasa Jawa pada kelas III SDN Lidah Wetan 4 Surabaya.
Kata Kunci: Lagu anak, menulis karangan sederhana, bahasa Jawa.
Abstract
The need for Javanese language to be preserved so that the government issued the East Java Governor Regulation No. 19 of 2014 which states that learning Javanese is a mandatory local content in schools. Learning Javanese is like any other language learning that refers to 4 language skills. One language skill that needs attention is writing skills. Especially in writing essay learning, it is considered difficult and boring. The purpose of this study was to determine the effectiveness of childrens songs in learning to write simple essays. This study uses a qualitative method with a descriptive approach that uses data collection techniques in the observation sheet of the learning process, tests, and motivation questionnaires. The results showed that the average score of students in the first test is 74.2 and in the second test 81.9 with excellent completion time. The results of the questionnaire showed a percentage of 89% of students who were motivated during the study. It can be concluded that childrens songs were effectively used in learning to write simple Javanese essays in class III of SDN Lidah Wetan 4 Surabaya.
Keywords: Childrens songs, writing simple essays, Javanese.
Downloads

