PENERAPAN STRATEGI DIRECTED LISTENING AND THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SDN PULOREJO II MOJOKERTO

  • LISANIA ISTIQOMAH
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Directed Listening And Thinking Activity, mendeskripsikan hasil belajar siswa, dan mengatasi kendala-kendala yang terjadi dalam penggunaan Strategi Directed Listening And Thinking Activity di kelas V SDN Pulorejo II Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pulorejo II Mojokerto. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh, diketahui bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai keterlaksanaan yang diperoleh pada siklus I sebesar 91,2 dan meningkat menjadi 95,4. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata pada keterampilan menyimak cerita yang diperoleh yaitu 77,04 dan 85,4 pada siklus II. Selain itu kendala-kendala yang terdapat pada pelaksanaan strategi DLTA juga dapat diatasi dengan baik.

Kata Kunci : Strategi Directed Listening And Thinking Activity, keterampilan menyimak cerita

Published
2019-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 90