EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI SDN NGASTEMI I BANGSAL MOJOKERTO

  • HELMI PERDIYANTO
  • JULIANTO

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. peserta didik merasa sulit, dan jenuh dalam proses pembelajaran menggunakan model yang sesuai. Model pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran IPA adalah model pembelajaran inkuiri yang bertujuan untuk menjadikan peserta didik berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri kelas IV SDN Ngastemi 1 Bangsal Mojokerto. 2. Untuk mengetahui aktivitas peserta didik pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri kelas IV SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. 3.Untuk mengetahui respon peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri kelas IV SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. Metode dan desain pada penelitian ini adalah pre experimental desings dan one grup pretest posttest desings. Hasil penelitian menunjukkan: model pembelajaran inkuiri signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilanan berpikir kritis peserta didik. Peserta didik aktif dalam pembelajaran dan merespon dengan baik pada kegiatan proses pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, berpikir kritis, efektivitas

ABSTRACT

Learning model are very important in the learning process. Difficult and ged boned Students in the learning proses without using the appropriate model. Learning model sutable for science learning is an inquiry learning model that aims to make student think critically. Therefore, this researcher aims to, 1. Knowing the students critical thinking skills by using the fourth grade inquiry learning model in SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. 2. To find out the activities of students in the learning process by using the fourt grade inquiry model in SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. 3. To find out the response of students by using the fourth grade inquiry learning model in SDN Ngastemi I Bangsal Mojokerto. The method an design in this study are pre experimental desings and one grup pretest posttest designs. The results of the study show : the inquiry learning model is significantly effective in improving students critical thinking skills. Students are active in learning and respond well to the activities of the learning process in progress.

Keyword: Inquiry learning model, Critical skills, Effectiveness

Published
2019-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 50