PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN 2 WRINGINANOM KECAMATAN WRINGINANOM KABUPATEN GRESIK

  • ADITYA AYU WARDANI
  • MINTOHARI

Abstract

ABSTRAK

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang pelaksanaanya menggunakan pembelajaran tematik integratif. Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran dengan menggabungkan beberapa muatan pelajaran dalam satu tema salah satunya adalah IPA. Pembelajaran IPA di SD diharapkan mampu menyentuh tahap belajar bermakna. Guru perlu mengembangkan media inovatif yang mampu mengatasi keterbatasan kemampuan inderawi, ruang dan waktu sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka peneliti mengembangkan media Quiet Book untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Prosedur pengembangan media Quiet Book (2) Kelayakan pengembangan media Quiet Book. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Sugiyono 2018, dengan desain uji coba One Group Pretest-Posttest Design. Uji coba skala terbatas dilaksanakan pada 5 siswa kelas VA dan ujicoba skala luas dilaksanakan pada 25 siswa kelas VB SDN 2 Wringinanom. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data respon siswa. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran di kelas, dan Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar pada aspek kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Quiet Book telah memenuhi 9 tahap pengembangan produk. Media yang dikembangkan telah dinyatakan layak dengan memperoleh persentase kevalidan 92%, kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran 93%, dan keefektifan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest yakni 75,04 menjadi 93,52, sehingga diperoleh rata-rata peningkatan nilai sebesar 18. Keefektifan juga dianalisis menggunakan N-Gain dengan nilai Gain Ternormalisasi sebesar 0,74. Sehingga apabila diinterpretasikan pada tabel indeks Gain Ternormalisasi (g) menurut Hake maka termasuk dalam kategori High (0.70 < g < 1.00).

Kata Kunci: Media Quiet Book, Hasil Belajar, IPA



ABSTRACT

Curriculum 2013 is Curriculum which the realization use Integrative Thematic Learning. Integrative Thematic Learning is Learning by consolidate some lesson contens in one topic, one of them which inside is Natural Science. Learning of Natural Science at Elementary School is Expected to nudge phase the meaningfull learning. So teacher needs to develop Inovation media that able to resolve the limitations of sensory, space and time and increase the score. Then tried to develop Quiet Book Media to resolve that problem. The purpose of this research is to know (1) procedure development of Quiet Book Media (2) advisibility Quiet Book Media. Type of this research is Research and Development (R&D) that adaptation from Sugiyono 2018, with trials designe One Group Pretest-Posttest Designe. The small trial sample are 5 student of VA and 25 Students of Grade V B as large trial sample. Collection of data by using questionnaire, observation and test technical. Questionnaire is used for getting validation data from students respons. Observation is used for getting learning implementation data in the Class, and test technical is used for getting learning result data in student’s cognitive aspect. The result of research showsQuiet Book Media has complied 9 product development phase. Developed media has clarified suitable by getting 92% validation, learning implementation practical 93%, and the student’s learning result effectiveness from pretest to posttest is 75,04 to 93,52, so getting result increasing average 18. Effectiveness is also analyzed using N-Gain by Gain Normalisation result 0,74. So that if this is interpreted to the Gain Normalisation index list (g) by Hake so it’s included in the High Category (0,70<g<1.00).

Keywords : Quiet Book Media, Learning Result, Natural Science

Published
2019-01-10
Section
Articles
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 227