PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MAKET INTERIOR RUANG KELAS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN KEDURUS 1 SURABAYA

  • PUSPA WULAN APRILLIA
  • MARYAM ISNAINI DAMAYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media maket interior ruang kelas terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN Kedurus I Surabaya. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan quasy experiment dengan non-quivalent control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas II-A SDN Kedurus 1 Surabaya sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II-B SDN Kedurus 1 Surabaya sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dapat dibuktikan melalui uji hipotesis pretest sebesar 0,7142 < 2,00172 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sementara itu, hasil posttest sebesar 13,32 > 2,00172 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol.Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media maket interior ruang kelas berpengaruh dalam pembelajaran menulis deskripsi.

Kata Kunci : media maket, menulis deskripsi






Published
2019-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 42