Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kemampuan Bermain Peran Cerita Rakyat Kelas IV SDN di Kecamatan Wiyung

  • DESY PUSPITA SARI
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian perlakuan yaitu model pembelajaran langsung terhadap kemampuan bermain peran pada kelas eksperimen dan tanpa pemberian perlakuan pada kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control design yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes yang berupa preetest dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di Kecamatan Wiyung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Babatan I dan siswa kelas IV SDN Wiyung 1. Analisis data menggunakanuji validasii,reliabelitas, normalitas dan hipotesis. Uji T test menghasikan nilai signifikan yaitu sebesar thitung 4,86 tabel2,00488. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat adamya pengaruh penerapan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan bermain peran dalam cerita rakyat siswa kelas IV SDN di Kecamatan Wiyung Surabaya.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung dan Bermain Peran.

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of giving treatment that is direct learning model on role playing ability in the experimental class and without giving treatment to the control class. This type of research is experimental research using a nonequivalent control design that uses data collection techniques by observing and testing in the form of pretest and posttest. The population in this study were fourth grade students of SDN in Wiyung District. The sample of this study was fourth grade students of SDN Babatan I and fourth grade students of SDN Wiyung 1. Data analysis used validation test, reliability, normality and hypothesis . The T test test produces a significant value that is equal to tcount 4.86 table2.00488. The test results show that the hypothesis is accepted. Thus it can be concluded that there is an effect of applying the direct learning model to role playing skills in folklore of grade IV students of SDN in Wiyung District, Surabaya.

Keywords: Direct learning and role play





Published
2019-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 51