PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN KELAS IV SDN JUMENENG MOJOKERTO

  • TITA TRIANINGRUM
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian dengan menggunakan model pembelajaran TGT ini, peneliti ingin meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik analisis data Observasi dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus I 72,9%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,5%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 71,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,3Hasil belajar siswa pun juga mengalami peningkatan dari siklus I 62%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 4 Beerbagai Pekerjaan.

Kata Kunci: model pembelajaran,TGT, hasil belajar.

Abstract

The purpose of this research by using TGT learning model that the researcher wants to increase teacher and students’ activity and also the result of students’ studying. This research uses Classroom Action Research (CAR) by using observation of data analysis technique and test. Teacher’s activity increases in cycle 1 about 72,9% and cycle 2 increases about 86,5%. In students’ activity increases in cycle 1 about 71,5% and cycle 2 increases about 86,3%. The result of students’ studying also increases in cycle 1 about 62% and cycle 2 increases about 86%. Based on result above, it can be concluded that the application of TGT learning model is able to increase the result of students’ studying in theme 4 kinds of job.

Keywords: learning model, TGT (Teams Games Tournament), and studying result.


Published
2019-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 50