PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVSDN SIWALAN KERTO II SURABAYA

  • RACHMAD INDRA SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Media teka teki silang melibatkan siswa dalam pembelajaran, mental dan fisik siswa juga terlibat dalam penggunaan media ini serta proses pembelajaran yang aktif sehingga siswa senang dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Media teka teki silang dapat digunakan menjadi media pembelajaran yang sangat efektif karena dapat merangsang fikiran siswa dan lebih berkonsentrasi dalam proses pembelajaran sebab media tersebut menjadikan siswa berfikir karena teka teki silang (TTS) merupakan media yang berisikan kotak-kotak kosong yang dilengkapi suatu jawaban didalmnya dengan pertanyaan guru, maka dari itu guru mengguanakan Media teka teki silang sebagai alat bantu/media. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental), dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonquivalent Control Group Design. Sebjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Siwalan Kerto II sebanyak 66 siswa yang dibagi menjadi dua kelas IVA 32 siswa dan IVB 32 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar tes objektif atau yang biasa disebut multiple choice. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan perhitungan uji t-test menunjukan bahwa nilai thitung 11,222> nilai ttabel 2,000 dan signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen (pembelajaran dengan media teka-teki silang) dan kelompok kontrol dalam materi pembelajaran IPS. Dan pada hasil perhitungan uji N-Gain ternormalisasi yang menunjukkan bahwa hasil peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,48 menunjukkan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,24 menunjukkan kategori rendah.

Kata Kunci : Media Teka-Teki Silang, Hasil Belajar

Abstract

Crossword puzzle media involves students in learning, mental and physical students are also involved in the use of this media and active learning processes so students are happy and student learning outcomes can increase. Crossword puzzle media can be used as a learning media that is very effective because it can stimulate students minds and concentrate more on the learning process because the media makes students think because crossword puzzles are media that contain empty boxes that have an answer in the teachers question, therefore the teacher uses crossword puzzles as a tool or media. The research design used was Quasi Experimental, and the research design used was Nonquivalent Control Group Design.The research subjects were fourth grade students at Siwalan Kerto II State Elementary School as many as 66 students who were divided into two IVA classes 32 students and IVB 32 students. Data collected using an instrument in the form of an objective test sheet or commonly called multiple choice. Data analysis techniques used are validity, reliability, normality testing and hypothesis testing. Research results show that there is a significant influence in the learning of Social Studies with the medium of crossword puzzles on the learning outcomes of the fourth grade students of Siwalan Kerto II Surabaya Elementary School. The results showed that the calculation of the t-test showed that the tcount 11,222> ttable value 2,000 and significant (2-tailed) 0,000 <0,05. This means that there is a significant difference between the experimental group student learning outcomes (learning with crossword media) and the control group in social studies learning material. And on the results of normalized N-Gain test calculations which show that the results of the increase in the experimental class amounted to 0.48 indicate the medium category and the control class 0.24 indicates the low categoryKeywords: Cross Puzzle Media, Learning Outcome
Published
2019-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 904