PENGARUH MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN KAMPUNGDALEM 1 TULUNGAGUNG

  • ORENTA AYU RETNANI
  • ULHAQ ZUHDI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment dalam bentuk Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas IVB sebagai kelas kontrol dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen. Analisis data instrumen tes diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis data hasil penelitian diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji n-gain ternormalisasi. Hasil uji hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh yakni (2,024) > (2,000). Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima. Dan pada hasil penghitungan uji N-Gain Ternormalisasi yang menunjukkan bahwa hasil peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 0,718 menunjukkan pada kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,552 menunjukkan kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Kampungdalem 1 Tulungagung.

Kata Kunci: media berbasis Lectora Inspire, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of Lectora Inspire based media on student learning outcomes in thematic learning in fourth grade students of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung. This type of research is quantitative research with the design of Quasi Experiment research in the form of Non-equivalent control group design. The population in this study are all students in fourth grade students of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung. The sample is taken by simple random sampling technique. IVB class as a control class and IVC class as an experimental class. Analysis of the test instrument data is tested using validity and reliability testing, while the analysis of the research data is tested using normality test, homogeneity test, t-test and normalized n-gain test. The results of hypothesis testing using t-test obtained are t-count (2,024)> t-table (2,000). These results indicate that Ha is accepted. The results of the calculation of the normalized N-Gain test which indicates that the results of the increase in the experimental class of 0.718 indicates that in the high and control classes 0.552 indicates the medium category. From the results of the study it can be concluded that there is a significant effect of the using Lectora Inspire based media on the learning outcomes in learning thematic in fourth grade students of Kampungdalem 1 Elementary School in Tulungagung.

Keywords: Lectora Inspire based media, learning outcomes

Published
2019-04-22
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 305