PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN KAJEKSAN KECAMATAN TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • FARIKHA LAILI RIZKIYAH
  • MULYANI

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kajeksan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, dan menjadikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin memperbaiki hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pop Up Book. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up Book serta meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Kajeksan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up Book, hasil belajar siswa kelas IV mengalami peningkatan. Data hasil aktivitas guru menunjukkan peningkatan, pada siklus I mencapai 72,05%, dan siklus II mencapai 84,21%. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 71,87% dan siklus II mencapai 82,81%. Aktivitas guru dan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 65% dan siklus II mencapai 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan siswa setelah penggunaan media pembelajaran Pop Up Book.

Kata Kunci : Media Pop Up Book, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Published
2019-04-22
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 174