ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM 2013 REVISI PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • TUTIK ENDAYANTI
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru, peran siswa, perencanaan pembelajaran, proses penyampaian materi, dokumentasi kurikulum, kendala serta solusinya dalam pembelajaran matematika kelas IV dalam Kurikulum 2013 Revisi di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, studi dokumentasi, dan lembar angket. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dalam Kurikulum 2013 Revisi sudah berjalan baik. Meskipun masih terdapat kendala yaitu siswa cenderung pasif dan prestasi belajar siswa rendah. Hal ini diatasi dengan cara memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang pada saat pembelajaran.

Kata Kunci : Pembelajaran, Matematika, Kurikulum 2013 Revisi

Published
2019-04-26
Section
Articles
Abstract Views: 155
PDF Downloads: 160