ANALISIS PENANAMAN KONSEP PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG MELALUI PEMANFAATAN PERMAINAN CONGKLAK PADA SISWA KELAS II SDN BABATAN I/456 SURABAYA

  • ROSE DINAR PRATIWI
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pemanfaatan permainan congklak terhadap penanaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas II di SDN Babatan I/456 Surabaya, (2) Mengetahui efektivitas pelaksanaan permainan congklak terhadap penanaman konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas II di SDN Babatan I/456 Surabaya, (3) Mengetahui hasil belajar siswa apabila ditinjau berdasarkan aspek ranah psikomotornya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan : (1) Wawancara, (2) Observasi tentang penggunaan congklak, (3) Angket. Teknik untuk mengecek keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan congklak untuk penanaman konsep perkalian memberikan efek positif pada siswa karena setelah bermain cngklak mereka bisa memahami konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang, (2) Siswa sangat antusias dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci : Perkalian, Permainan Congklak, Penjumlahan Berulang

Published
2019-04-26
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 42