Pengembangan Media Puzzle berbasis Make A Match Tentang Sistem Kerangka Manusia Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

  • DWI NOER FALLA
  • MINTOHARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran puzzle berbasis make a match materi sistem kerangka manusia. Peneliti ingin menghasilkan media yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang terdiri dari delapan tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Desain uji coba produk menggunakan one group pretets-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, angket respon siswa dan tes. Hasilnya kevalidan media memperoleh persentase 100% dan kevalidan materi memperoleh persentase 88%, kepraktisan berturut-turut memperoleh persentase 85% dan 90%, dan keefektifan media memperoleh persentase ketuntasan belajar 96,6% dan meningkatkan pemahaman dengan N-gain 0,78. Kesimpulan media layak sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Media, Puzzle berbasis make a match, Kerangka manusia





Published
2019-05-16
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 155