PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LAGU MODEL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • FIRDA MAULIDIYAH
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media lagu model terhadap hasil belajar siswa materi keanekaragaman suku di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebraon 1 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest yang diolah dengan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media lagu model dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional tanpa media. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media lagu model terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Lagu Model, Musik dalam Pembelajaran, Media musik.

Published
2019-05-16
Section
Articles
Abstract Views: 326
PDF Downloads: 127