PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TIPE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN KENONGO I

  • KIKI HIDAYATI
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model learning cycle tipe 7E dan mengetahui pengaruh model learning cycle tipe 7E terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pada aktivitas guru, siswa, hasil belajar afektif dan psikomotor serta tes hasil belajar kognitif siswa. Hasil observasi tersebut memperoleh rata-rata persentase ≥85%. Pada pretest siswa yang tuntas 19% sedangkan pada posttest 88% siswa dinyatakan tuntas. Jumlah N-Gain hasil belajar adalah 0,61. Uji beda hasil belajar diperoleh thitung>ttabel (2,493>1,71088). Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Published
2019-05-21
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 92