Pengaruh Metode Dongeng “Mister Water” Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas 5

  • FRIDA SAFIRA SASABILLA
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Abstrak

Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada dua sekolah yaitu di SDN Sambikerep 1 dan SDN Beringin, banyak nilai siswa yang masih dibawah KKM. Berdasarkan masalah diatas maka Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya pengaruh metode dongeng “mister water” pada materi siklus air tanah terhadap hasil belajar siswa kelas V.. Metode yang digunakan adalah quasi experimen dengan model pretest-posttest control Group Design. Data yang digunakan berupa tes yaitu pretes dan postest. Hasil penelitian ini adalah metode dongeng “mister water” berpengaruh positif pada hasil belajar bagi peserta didik. Hal ini terbukti pada analisis uji t bahwa t-Hitung = 1,941491 dan t-Tabel dengan derajat kebebasan= 30 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,67155. Jadi, t-Hitung> t-Tabel yaitu, 1,941491 > 1,67155.

Kata Kunci: Metode Dongeng , Hasil Belajar, IPA


Published
2019-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 72