ANALISIS PENGGUNAAN QUICK MATHEMATICS FORMULA PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

  • RENY AYUNINGTYAS
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Abstrak

Quick Mathematics Formula sudah digunakan sebagai alternatif pembelajaran. Namun siswa cenderung mengabaikan proses dan mengutamakan hasil ketika memperoleh cara cepat. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui proses, kreativitas serta hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah menggunakan Quick Mathematics Formula. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, rubrik, dan dokumentasi. Hasilnya adalah saat menggunakan Quick Mathematics Formula, kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa berbeda, dengan hasil belajar masih di bawah KKM. Kendalanya adalah kemampuan perkalian dan memahami soal yang kurang. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pendekatan pada siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Quick Mathematics Formula, Pemecahan Masalah


Abstract

Quick Mathematics Formula has been used as an alternative learning. But student tend to ignore the process and prioritize the results when getting a quick way. Therefore, the purpose of this research is to know the process, creativity and learning outcomes of students in solving problems using the Quick Mathematics Formula. Type of this research is descriptive qualitative with data collection techniques using interviews, observation, questionnaires, rubrics, and documentation. The result is when using Quick Mathematics Formula, students problem solving abilities and creativity are different, with learning outcomes still under the KKM. The obstacle is the ability of multiply and understand the problems sill low. This can be overcome by approaching students.

Keywords: Mathematics Learning, Quick Mathematics Formula, Problem Solving

Published
2019-05-24
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 53