PENGEMBANGAN HANDOUT MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembuatan handout melalui pendekatan etnomatematika berbasis kenggulan lokal (2) menganalisis tingkat kevalidan handout melalui pendekatan etnomatematika berbasis keunggulan lokal. Subjek uji coba dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Ngaban dan SDN Kenongo 1. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil dari validator ahli materi dengan persentase 95,83% (valid), dan validator ahli media dengan persentase 90,38% (valid). Uji coba kepada subjek uji coba mendapatkan persentase rata-rata dari siswa sebesar 89,25% (sangat layak) dan dari guru sebagai pengamat sebesar 91,07% (sangat layak). Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan handout melalui pendekatan etnomatematika berbasis keunggulan lokal yang dibuat melalui tahap pengebangan 4D ini layak untuk digunakan.Kata Kunci: pengembangan handout, etnomatematika, keunggulan lokal
PDF Downloads: 115