EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CROSS NUMBER PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

  • NAULITA PERMATASARI PANDJAITAN
  • WIRYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tingkat efektivitas media Cross Number Puzzle dalam pembelajaran aritmatika siswa sekolah dasar, (2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media Cross Number Puzzle. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran yang melibatkan pengumpulan dan analisis data kualitatif dan data kuantitatif dalam sebuah rancangan eksperimental. Rancangan dari penelitian ini menggunakan Concurrent mixed methods. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan media Cross Number Puzzle terbukti efektif membantu siswa mengurangi kesalahan berhitung yang dialami oleh siswa, (2) Hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 27,78 dan post-test 71,67. Hasil dari nilai rata-rata post-test yang tinggi membutktikan bahwa siswa mengalami perubahan positif setelah menggunakan media Cross Number Puzzle.

Kata Kunci: efektivitas, media Cross Number Puzzle, aritmatika.

Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 96