PENGARUH MODEL THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN SEKOLAH DASAR

  • JASHINTA KURNIA SISWANTA
  • WIRYANTO

Abstract

Peneliti berusaha menggali pengaruh model The Power Of Two dalam membantu siswa menyelesaikan soal cerita pecahan. Pengaruh model The Power Of Two ditinjau dari segi kognitif dan segi psikomotor siswa. Selain peneliti juga mengkaji efektivitas model The Power Of Two dalam pembelajaran. Peneliti melakukan penelitian ekperimen mix method sequential eksplanatory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model The Power Of Two memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif dan psikomotor siswa. Dimana dari segi kognitif diperoleh hasil sinifikansi uji t SPSS 16 sebesar 0,39 dan o,40. Sedangkan pada segi psikomotor, hasil kegiatan pembelajaran dan LKPD menunjukkan keaktifan, semangat belajar serta peningkatan nilai belajar yang tinggi. Selain itu, model The Power Of Two terbukti efektif digunakan karena memiliki efektivitas sebesar 75%.
Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 46